Rang Minang Baralek Gadang

Senin, 21 Juli 2008
Padang, Padek– Rakyat Sumbar akan menyelenggarakan iven akbar bertajuk “Rang Minang Baralek Gadang” di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam pada akhir Agustus mendatang.  Acara yang melibatkan seluruh tokoh dan komponen masyarakat Sumbar di tingkat nasional sampai nagari itu, menurut rencana dibuka Wapres RI Jusuf Kalla
serta dihadiri CEO Jawa Pos Dahlan Iskan dan Dirut PT Telkom Tbk Rinaldi Firmansyah. Ketua panitia pelaksana Syaharman Zanhar mengatakan, pihaknya sudah melakukan survei terhadap lokasi yang akan dijadikan lokasi acara yang bakal dihadiri 1.500 undangan dari ranah dan rantau serta ribuan masyarakat Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi itu.

Pada iven tersebut, kata Syaharman, di antaranya digelar Kongres I Rang Minang, Musyawarah Duduak Barapak, launching Padang TV dan Padang Today (Grup Padang Ekspres), Nagari Cyber, Manggulai 1001 Itiak Hijau, Cerdas Cermat tingkat SMA, pameran dan promosi produk nagari serta bursa tenaga kerja.

“Pada acara ini juga direncanakan peresmian rumah pahlawan H Agus Salim di Koto Gadang menjadi museum, dan rumah Rohana Kudus sebagai museum pers nasional,” tambah Syaharman. Ketua DPRD Sumbar yang juga Ketua Umum Acara Rang Minang Baralek Gadang Leonardy Harmainy didampingi Sekretaris Umum St Zaili Asril menyebutkan, kegiatan kerakyatan tersebut merupakan gagasan besar yang perlu didukung secara penuh seluruh masyarakat Sumbar.

“Yang baralek gadang ini rakyat. Sebagai Ketua DPRD Sumbar, saya mendukung gagasan besar dan bagus ini,” ungkap Leonardy saat menghadiri ekspos persiapan panitia pelaksana acara ”Rang Minang Baralek Gadang” di rumah dinasnya, Sabtu (19/7).

Pada kesempatan yang dihadiri Pemred Padang Ekspres Oktaveri itu, Leonardy menambahkan, pada acara ini yang tampil adalah rakyat bersama DPRD dan pemerintah kabupaten/kota didukung stakeholders serta komponen warga rantau.Sample Image

Acara memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional ini, kata Leonardy sangat tepat dijadikan sarana untuk memotivasi putra-putri Sumbar di ranah dan rantau agar kembali bangkit dan mencintai Minangkabau. Punya orientasi ke depan, menyumbangkan pemikiran, tenaga dan materi untuk pembangunan daerahnya ke arah yang lebih baik.

 

Ekspos : Ketua pelaksana Syaharman Zanhar (berdiri) saat melaksanakan ekspos acara “Rang Minang Baralek Gadang” di rumah dinas DPRD Sumbar, Sabtu (19/7). Tampak hadir, Pemimpin Umum Harian Pagi Padang Ekspres, Sutan Zaili Asril (dua kiri)

Leonardy juga menekankan pentingnya kegiatan ini dijadikan momentum kebangkitan pendidikan dan pemuda Sumbar, yang sejak abad ke-19 sudah memiliki kemampuan SDM teruji. Berjuang dengan pemikiran dan pena mereka sehingga menjadi tokoh (intelektual) di tingkat nasional dan internasional.

“Jadi, tokoh-tokoh dari Sumbar tidak lahir secara tiba-tiba, tetapi mereka berjuang dengan pemikiran dan pena mereka sehingga mampu menjadi yang terbaik. Ini yang perlu kita bangkitkan kembali,” tegas Leonardy. Pada kesempatan yang sama, St Zaili Asril St Zaili Asril mengatakan, Kongres I Rang Minang yang diadakan pada kegiatan ”Rang Minang Baralek Gadang” ini merupakan silaturahmi besar rakyat Minang di ranah dan rantau. (esg)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s