Pokok Pokok Pikiran Peningkatan Mutu Pendidikan di Sumatera Barat

BEBERAPA POKOK PIKIRAN
DALAM USAHA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SUMATERA BARAT

Dari Diskusi Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau

1. Sudah menjadi wacana umum bahwa pendidikan di Indonesia bermutu rendah, dan untuk Indonesia mutu pendidikan di Sumatra Barat berada pada tingkat bawah.

2. Tujuan pendidikan secara sederhana adalah membina anak didik agar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang baik sehingga sanggup menghadapi tantangan hidupnya di masa yang akan datang dengan kecerdasan yang dimilikmya.

3. Pada saat ini lembaga pendidikan kita belum dapat menghasilkan apa yang diharapkan karena proses pendidikan belum berjalan dengan benar.
• Pendidikan terlalu akademis, kurang menghubungkannya dengan kenyataan dalam kehidupan.
• Pendidikan masih saja menekankan pada jumlah informasi yang dapat dihafal, bukan bagaimana menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
• Pendidikan kurang menekankan pada berfikir kritis dan kreatif
• Pendidikan kurang memberi tekanan pada pembentukan nilai dan sikap yang mencerminkan agama dan budaya serta etos kerja yang baik.
• Orientasi pendidikan pada lulus ujian dan ijazah, bukan pada kemampuan nyata yang dimiliki.
• Ukuran atau standar keberhasilan belajar sangat relatif karena memakai acuan normal sehingga mutu sangat fluktuatif dan tidak didasarkan pada standar yang baku.
• Longgarnya evaluasi belajar selama ini telah menimbulkan dampak negatif yakni kurang terdorongnya siswa untuk belajar serius karena akan lulus juga walaupun kurang belajar.

Oleh sebab itu perlu ditempuh langkah-langkah nyata sebagai berikut:
1. Memperbaiki proses belajar mengajar sehingga tekanan tidak lagi hanya pada penguasaan jumlah informasi, tetapi bagaimana mencari dan mengolah informasi secara kritis dan kreatif, pembentukan kepribadian dan sikap yang baik.

2. Untuk itu permerintah daerah perlu mengangkat guru yang benar-benar punya kemampuan melalui seleksi yang ketat, pembinaan guru yang terus-menerus serta standar gaji yang mencukupi untuk hidup layak dan memperbaiki gengsi guru.

3. Setiap sekolah perlu memiliki perpustakaan yang menyediakan sumber belajar yang lengkap untuk memperluas wawasan siswa dan tidak mencukupkan hanya pada buku teks.

4. Evaluasi hasil belajar perlu ditetapkan berdasarkan acuan patokan dengan standar kelulusan yang baku, jika perlu menggunakan bench marking atau pembanding dengan sekolah di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

5. Perlu mendirikan balai pengujian mutu yang independen dan kredibel seperti lembaga TOEFL untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris orang yang akan studi ke USA.

6. Tidak ada tawaran untuk mutu, setiap sekolah harus mengejar standar yang ditetapkan tanpa melihat kondisi sekolah yang ada. Hasil penilaian hendaknya dijadikan pedoman untuk peningkatan pelayanan sekolah, bukan sebaliknya menurunkan standar.

7. Keberhasilan sekolah di ukur dari kemampuan siswanya memenuhi standar yang diperlukan yang ditunjukkan dalam keberhasilan mengikuti evaluasi belajar. Dorong sekolah untuk bersaing secara sehat dengan mengutamakan mutu.

8. Kurikulum yang ada dapat dipakai sebagai dasar dengan penyesuaian dalam pelaksanaan.

9. Perlu pembudayaan nilai-mlai budaya Minang yang berakar Islam dalam keseharian di sekolah oleh seluruh warga tanpa kecuali.

10. Pemerintah daerah perlu pula mengontrol pertumbuhan sekolah swasta agar tidak membodohi masyarakat dengan obral ijazah melalui penetapan standar yang ketat

11. Sosialisasikan pengetatan standar mutu secara terus menerus agar tidak menimbulkan keresahan.

Demikianlah buah fikiran disampaikan sebagai sumbangsih pemikiran guna meningkatkan mutu pendidikan di Sumatera Barat.

Padang, April 2004
Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (PPIM)

Satu pemikiran pada “Pokok Pokok Pikiran Peningkatan Mutu Pendidikan di Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s